Rabu, 30 Januari 2013

Cinta, Ukhuwah, dan Persahabatan


Bismillahirrahmanirrahim...

Tanggal 28 Januari 2012 saya membuat status di Facebook 
Ukhuwah itu berawal dari rasa cinta,
Cinta yang murni dan tulus dari hati,
Tak perlu bertemu atau melihat foto dulu baru menyatakan cinta,
Aneh kan?,
Walau ada kalimat “Cinta pada Pandangan Pertama”,
Tapi itu gak mutlak untuk mencintai seseorang,
Kalau ukhuwahnya benar-benar dari hati,
Fisik, keturunan, ras, jabatan, dll gak jadi soal,
Karena akhlaq dan agamanya yang menjadi soal kenapa ada rasa cinta
Indah banget yaaa, cinta dan benci karena Allah
Semua Karena Allah

Ukhuwah karenaNya
 Saya menulis status itu, karena bermula dari adanya ukhuwah yang saya rasakan dalam buku ESTINOV. Ukhuwah yang ada itu begitu indah, melalui proses yang menurut saya sich. Singkat. Tapi efeknya itu loch, VERY AMAZING !!! Sensasinya itu mengalahkan salah satu minuman berkarbonat, Hehehe..
Tak berhenti berucap syukur, Hamdallah “Alhamdulillah” kepada Allah azza wa jalla. Atas nikmat yang telah diberikan olehNya. Dan saya pun teringat akan teman teman saya. Mulai dari masa kecil, SD, SMP, SMA, Masa-masa preklinik, masa-masa Klinik, masa-masa organisasi, etc. Banyak amatnya lingkungan pergaulan saya ? :D
Sahabat itu memberikan arti yang besar buat saya selain keluarga dalam mengarungi kehidupan saya, apalagi di tanah rantau gini. Sampe-sampe saya punya Genk :

SMP : Gak ada nama tapi selalu bertemu kalo saya pulang ke kampung saya, tapi itu sebenarnya kota, yaitu kota Ambon ^^
SMA : C-Five dan Zygert
FK UMI : CHIFA :D

Semua nama itu memiliki makna. Yang penting mereka semua adalah THE BEST FRIEND I EVER HAVE IN MY LIFE, Thank You For All of U, Especially for Allah swt. J
Lingkungan persahabatan itu memberikan akan memberikan pengaruh yang positif selama kita berada pada lingkungan yang benar. Karena ada itu sebuah Hadits yang intinya, jika kita ingin mengenal teman kita, maka kita lihat dengan siapa dia berteman.
Persahabatan itu akan sangat bermanfaat dan bernilai jika yang mendasari hubungan tersebut adalah Rasa Cinta Karena Allah, dan kalo misalnya kita membenci sahabat kita karena akhlaq, atau apa yang dia perbuat dan menurut pengetahuan kita itu gak benar. Maka bencilah karena Allah.
Hubungan ukhuwah, persahabatan itu sangat diperhatikan dalam Islam. Karena begitu kuatnya hubungan tersebut, hingga Allah menjanjikan bagi mereka yang saling mencinta karenaNya. Ada beberapa hadits tentang cinta mencintai karena Allah swt :

"Tidak beriman seorang dari kamu, sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri" (HR. Bukhari . Muslim)

Dari Anas ra., ketika seseorang berada disisi Rasulullah SAW, lalu seorang sahabat berjalan melewatinya. Orang yang berada disisi Rasulullah tersebut mengatakan, "Ya Rasulullah, aku mencintai dia." Rasul bersabda : "Apakah kamu sudah beritahukan padanya ?." Orang itu menjawab, "Belum" Lalu Rasulullah SAW bersabda, .Beritahukan kepadanya !. Orang itu pun memberitahukan kepada sahabatnya dan berkata, "Sesungguhnya akuu mencintaimu karena Allah." Kemudian sahabatnya menjawab, "Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karenaNya"
(HR. Abu Dawud).

“Seseorang akan dikumpulkan dengan orang yang dicintainya.
 (HR Bukhari dan Muslim dari Anas, Abu Musa, dan Ibnu Mas'ud)


Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar. Begitu indahnya Saling mencintai karena Allah swt. Mulai dari awal, proses hingga hasil yang akan kita peroleh. Bukan hanya di dunia tapi diakhir kelak, kita akan dikumpulkan dengan orang-orang yang kita cintai. Walau kita belum bertemu dengan yang membuat kita jatuh Cinta.

Jagalah persahabatan dan ukhuwah yang terjalin, jagalah agar selalu berada di jalanNya, jangan sampai karena Nafsu yang negatif hingga merusak persahabatan yang ada.

Saya jadi ingat sebaris kalimat “Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman-teman kita. Dalam Kesenangan, teman-teman mengenal kita”. Diluar itu berusahalah untuk positif thingking, walau sikap waspada itu ada.

SALAM UKHUWAH dan JAGALAH UKHUWAH
Keep FIGHTING !!!
^____________^

Makassar, 29 Januari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar