Rabu, 09 Januari 2013

Ana "Fathanah"

Bismillahirrahmanirrahim...

Nama dan sekaligus kujadikan ID di Facebook, twitter, Yahoo messenger ataupun  di e-mail aku. Memiliki arti yang spesial buat aku.
2 kata tersebut terinspirasi dari salah satu sifat Nabi Muhammad saw. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Rasulullah saw. Memiliki empat sifat yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah.
Fathanah inilah yang aku ambil, selain karena gak jauh beda sama nama aku sebenarnya yaitu fatmah dan biasanya dipanggil fat. Jadinya ini merupakan suatu anugerah bagi aku. Alhamdulillah.
Aku akan jelaskan salah satu sifat Nabi yaitu Fathanah. Fathanah diartikan sebagai cerdas. Mustahil Nabi itu bodoh atau jahlun. Nabi harus mampu menjelaskan firman-firman Allah kepada kaumnya sehingga mereka mau masuk ke dalam Islam. Nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya (sumber : media-islam.or.id).
Meskipun ummi (tidak bisa baca-tulis), Rasulullah saw. Memiliki wawasan yang luas. Dengan kecerdasannya, beliau menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah keluarga, umat hingga urusan negara (sumber : dar-mizan.com)
Ada harapan aku, bahwa kecerdasan itu bukan sekedar otak. Tapi spiritual dan bagaimana pergaulan dalam lingkungan. Bukan saja lingkungan keluarga, tapi masyarakat hingga bangsa dan negara.
Uswatun Khasanah itu benar-benar terhadap dalam sosok junjungan Nabi Muhammad saw. Kecintaan pada beliau saw., harus diaplikasikan semampu diri aku atau kita semua ummat Islam.
Semoga, InsyaAllah. Aamiin J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar