Rabu, 21 Juli 2010

Berukhuwah di Jalan Dakwah Dari Kampus Ke Profesi


Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah wa syukurillah, tak henti-henti lafadz hamdalah terucap dari bibir yang mungkin pernah menyakiti saudara(i) baik disengaja ataupun tidak. Tahmid dan takbir pun menjadi senandung dzikir yang indah tatkala di ucapkan lidah dengan keikhlasan dan ketulusan. Merasakan cinta Allah dan keberadaan Allah azza wa jalla dalam ikatan Mahabafillah.

Satu Tahun perjalanan dakwah bersama ikhwahfillah merupakan salah satu nikmat dan karunia dari Allah azza wa jalla yang sangat luar biasa. Mengenal ikhwahfillah dari barat hingga ke timur, dengan berbagai suku, bahasa, bahkan karakter tapi mampu disatukan dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah. Ukhuwah bukanlah sebuah kata hiasan dalam organisasi, tapi ukhuwah merupakan salah satu keutamaan dalam Islam, laksana cahaya yang Allah berikan ke hati HambaNya yang ikhlas, hingga mampu menyatukan iman dan Taqwa. Karena tiada Ukhuwah tanpa Iman, dan tidak ada iman tanpa ukhuwah.

Terkadang dalam perjalanan dakwah, makna persaudaraan akan memudar jika niatnya untuk kepentingan dan manfaat pribadi, golongan/kelompok hingga terjadi kehancuran. Para mujahid mujahidah sulit untuk di”lebur”kan dalam sebuah persaudaraan, karena menganggap dirinya yang paling benar dan yang lainnya salah. Namun, itulah suka dukanya dalam perjalanan dakwah. Dari ukhuwah, banyak ibrah dan hikmah yang dapat kita petik. Dan Allah swt berfiman dalam al-Quran: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS al-Baqarah [2]: 214)
Ikhwahfillah, Ukhuwah yang lebih utama adalah Nikmat Allah SWT yang besar. Subhanallah, ‘iqro cinta Allah kepada hambaNya dalam Surat Ali .Imran (3) ayat 103, yaitu : "Dan berpegang teguhlah kamu sekalian kepada tali Allah keseluruhannya, dan janganlah kamu berpecah belah. Ingatlah kamu akan nikmat Allah yang dilimpahkanNya kepadamu ketika kamu dalam keadaan saling bermusuhan, lalu Allah menyatukan antara hati-hati kamu. Maka jadilah kamu dengan nikmatNya bersaudara."

Ikhwahfillah, dalam perjalanan penegakan dienullah, banyak resiko yang bisa kita temukan, dan tak jarang pula buat sebagian dari kita jatuh berguguran. Karena tidak kuat menanggung beban.Dan seringkali di bilang sok alim, sok suci, merasa diri yang paling benar. Tapi itulah adalah perjalanan dakwah, bahkan Qudwah kita, Rasulullah saw. tak pernah gentar menghadapi para pembesar Quraisy yang seringkali melakukan penekanan. Rasulullah saw. telah memberi contoh bagaimana kuatnya tekad beliau dalam memperjuangkan tegaknya agama Allah ini. Ketika dakwah beliau dirasa meresahkan kalangan penduduk Quraisy waktu itu, beberapa tokoh mereka mendatangi paman Rasul, Abu Thalib, untuk meminta keponakannya itu menghentikan dakwahnya. Namun apa yang dikatakan Rasulullah saw.? “(Paman), demi Allah, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan rembulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan urusan (dakwah) ini, aku tidak akan meninggal-kannya sampai Allah memenangkan agama ini atau aku hancur karenanya.” (dalam Sirah Ibnu Hisyam)

Satu tahun perjalanan dakwah dengan usia media dakwah yang menjadi wadah kita untuk berjuang telah memasuki usia 5 Tahun (13 Februari 2005-13 Februari 2010), bukanlah waktu yang singkat. Walaupun terkadang masih ada yang mempertanyakan apa yang telah dicapai FULDFK? Apa eksistensi FULDFK untuk dunia kesehatan Universitas, Daerah/provinsi, Nasional bahkan Internasional? Tapi kita yakin dengan perjuangan ini, yakin dengan janji Allah untuk orang-orang yang menolong AgamaNya, yakin dengan Janji Allah karena Allah telah mengadakan perniagaan atas harta, tenaga, waktu bahkan nyawa kita ketika kita memilih DAKWAH. Rasulullah saw, berjuang selama 23 Tahun hingga atas izin Allah Islam berjaya hingga berdirilah sebuah Khilafah. Dengan Persatuan dan ukhuwah islamiyah, karena walaupun pejuangnya banyak tapi Islam tetap satu. Marikan satukan perjuangan, luruskan niat, mari bertekad dan saling menguatkan dalam perjuangan.!!!

Perjalanan dakwah takkan pernah berhenti, ada atau tidaknya kita di dalamnya. Namun, semoga kita tetap Istiqomah, Semangat, sabar dan kuat dalam perjuangan ini. Karena Islam adalah Rahmatan Lil Alamin, Islam adalah Agama yang diridhai Allah swt,itulah perkataan Allah swt. saat Nabi Muhammad saw melakukan haji Wada’ bersama kaum Muslimin yang datang dari segala penjuru dunia. Begitu cintanya mereka kepada Allah dan Rasul-Nya, menempuh perjalanan berhari-hari,berminggu-minggu,berbulan-bulan karena memenuhi seruan Ilahi dan bertemu dengan Rasulullah saw.

Ikhwahfillah, ladang dakwah akan “berubah” sesuai dengan sikon (situasi dan kondisi) dimana kita berada. Saat kita di lingkungan Universitas/Kampus, maka kita akan dikenal sebagai aktivis dakwah kampus. Namun, saat kita telah lulus. Maka predikat kitapun berubah, yaitu dengan Dakwah Profesi. Disinilah tantangan yang lebih “hebat” menanti kita, saat kita ada dilingkungan masyarakat, dimana akan diuji kekuatan idealisme,tarbiyah,bahkan keimanan kita. Maka Dakwah profesi akan membuat kita rindu saat berdakwah di kampus, segala dinamika, ukhuwah dengan saudara(i) kita yang sama satu liqo’, selalu bersama, saling mengingatkan ketika kita lalai,jatuh/terpuruk dan semua itu kan menjadi kenangan yang tak pernah terlupakan. Maka jadikan sebagai motivator dan energi bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang Islami dimanapun kita berada. Semoga kita tetap ISTIQOMAH !!

Tetaplah berjuang ikhwahfillah Rahimakumullah, jagalah ukhuwah yang telah kita rajut bersama, ingatlah saudaramu dimanapun engkau berada. Sesuai dengan motto FULDFK “BERUKHUWAH MENJAWAB TANTANGAN.”

Dari Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS) meminta maaf dengan niat yang tulus untuk ikhwahfillah jika ada khilaf yang dilakukan oleh sikap,perbuatan,sifat ataupun perkataan dan jazakumullah khair untuk kerjasama antum/antunna selama periode 2009-2010. Semoga Hidayah dan berkahNya selalu tercurah pada kita. Amiin Yaa Majiibu. KEEP CONTACT yaa, coz’ HUMAS is FAST and CONNECTING PEOPLE !!!

Nasyid IZZATUL ISLAM: “Barisan mujahid melangkah ke depan/ Tanpa rasa takut menghalau rintangan/ Cahya Islam kan selamanya memancar/ Dengan darah kami sebagai pembakar”

Wabillahi Taufiq wal Hidayah
Wassalamu alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

02.02 wita@ Bumi Allah, Jalan Para Pejuang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar